Yuk, Kenali Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Olahraga

 

Ada bermacam makanan saat sebelum olahraga dan sesudah olahraga yang bagus untuk kamu konsumsi. Beberapa makanan ini dapat menolong kamu mengoptimalkan perform waktu olahraga, kurangi resiko masalah otot, dan membuat tubuh bisa lebih cepat sembuh sesudah olahraga.


Untuk mengoptimalkan perform waktu olahraga, kamu perlu pilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak, dan mengkonsumsinya pada saat yang pas. Makanan memiliki nutrisi ini berperanan selaku bahan bakar sekalian menolong menahan kerusakan pada otot.


Peranan Karbohidrat, Protein, dan Lemak dalam Olahraga

Badanmu memerlukan bermacam tipe gizi sebab setiap gizi punyai peranan berlainan dalam menolongmu olahraga. Tetapi, tiga gizi khusus yang perlu ada ialah:


1. Karbohidrat

Karbohidrat memiliki kandungan glukosa yang dipakai otot selaku bahan bakar waktu olahraga. Selain itu, karbohidrat dapat tersimpan selaku glikogen yang dapat dipakai selaku cadangan energi. Keperluan glikogen ini bergantung pada tipe dan waktu olahraga yang dikerjakan.


2. Protein

Protein diperlukan untuk membuat otot dan sel darah merah, yang bawa oksigen dan gizi ke otot. Ada beberapa faedah yang kamu bisa bila konsumsi protein saat sebelum olahraga, diantaranya tingkatkan kemampuan dan massa otot, menolong pemulihan otot, dan menolong perform otot.


3. Lemak

Agen Sabung Ayam Terbesar Lemak ialah sumber energi untuk olahraga dengan intensif menengah sampai intensif tinggi. Satu studi ungkap jika beberapa orang yang teratur konsumsi makanan yang memiliki kandungan 40% lemak mempunyai ketahanan yang lebih bagus waktu lari.


Makanan Saat sebelum Olahraga yang Dapat Kamu Konsumsi

Bila kamu bertanya apa kamu perlu makan saat sebelum olahraga, jawabnya sesungguhnya bergantung pada tipe olahraga yang akan dikerjakan dan sasaran yang pengin diraih dengan berolahraga.


Olahraga dengan perut kosong dijumpai bisa mengoptimalkan pembakaran lemak dan glikogen. Tetapi, ada pula peluang badanmu malah akan turunkan metabolisme. Ini terlebih jika waktu paling akhir kamu makan telah lumayan lama.


Disamping itu, bila kamu tidak makan saat sebelum olahraga, staminamu waktu olahraga akan turun. Kamu kemungkinan lebih gampang berasa pusing, mual, gemetaran, serta lebih beresiko alami luka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu masih makan saat sebelum olahraga.


Makanan yang penting kamu konsumsi saat sebelum olahraga ialah makanan yang rendah lemak, rendah serat, tapi memiliki kandungan cukup karbohidrat dan protein, dan memiliki kandungan cairan.


Selaku tutorial, berikut ini ialah contoh menu makanan yang bagus untuk kamu konsumsi 2–3 jam saat sebelum olahraga:


Roti gandum berisi dada ayam rebus dan selada

Roti gandum dan telur dadar, dengan olesan alpukat dan satu mangkuk buah

Sereal gandum utuh dan susu

Smoothies dari bubuk protein, bermacam buah berry, susu, dan pisang

Satu mangkuk oatmeal dengan potongan almond dan pisang

Tetapi, bila kamu baru sempat makan 45–60 menit saat sebelum olahraga, seharusnya kamu konsumsi camilan, seperti apel, pisang, yogurt, atau energy bar, yang gampang diolah dan tidak mengakibatkan ngilu perut waktu olahraga.


Opsi Makanan Sesudah Olahraga

Opsi makanan yang bagus untuk dimakan sesudah olahraga ialah makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat, minimal 45 menit sesudah olahraga. Ke-2 gizi ini bisa menolong percepat pemulihan otot, isi kembali lagi cadangan glikogen, dan tingkatkan pembangunan protein otot yang baru.


Beberapa menu makanan yang dapat kamu coba sesudah olahraga diantaranya:

-Sereal dan susu skim

-Kentang rebus dengan salmon

-Kraker dan selai kacang

-Roti, telur dadar, dan alpukat

-Ayam dan sayur panggang

-Oatmeal dan kacang almond

-Roti gandum utuh dan roti isi salad tuna


Kecuali konsumsi makanan saat sebelum olahraga dan makanan sesudah olahraga, kamu harus juga pastikan konsumsi air mineralmu cukup. Air mineral berperanan untuk mendinginkan mekanisme badan dan menahan dehidrasi. Janganlah lupa untuk memenuhi istirahat sesudah olahraga, ya.


Jika kamu masih mempunyai pertanyaan berkaitan menu makanan saat sebelum olahraga dan makanan sesudah olahraga, jangan sangsi untuk konsultasi ke dokter. Dengan demikian, dokter dapat mereferensikan menu makanan apa yang sesuai sasaran, keadaan badan, dan olahraga yang kamu kerjakan.

Mga sikat na post sa blog na ito

Many fire departments have fire prevention divisions

Innocuous milk snakes are often mistaken for coral snakes whose venom is deadly to humans.

"The reduction of these 4 males is actually as notable and also relevant as the reduction of any person that has actually put on our countries attire.