Berbagai Jenis Olahraga untuk Lansia Beserta Manfaatnya

 

Walau di umur yang tidak akan muda, beberapa lanjut usia disarankan untuk teratur beraktivitas fisik. Nah, ada beberapa macam olahraga untuk lanjut usia yang bisa dikerjakan untuk jaga kesehatan badan dan turunkan resiko bermacam penyakit karena penuaan. Apa saja tipe olahraga itu?


Rutinitas fisik atau olahraga secara teratur bisa menolong beberapa lanjut usia untuk lebih sehat, fit, dan masih semangat. Tetapi, ini kerap kali tidak diakui oleh beberapa lanjut usia dan mereka cuman habiskan waktunya untuk duduk rileks dan tiduran.


Walau sebenarnya, kurang bergerak atau jarang-jarang olahraga dapat tingkatkan resiko bermacam permasalahan kesehatan ke orang yang telah berumur lanjut, misalkan ngilu persendian dan otot, tekanan darah tinggi, pikun, sampai diabetes.


Oleh karenanya, agar hidup lebih sehat, beberapa lanjut usia perlu teratur olahraga dan beraktivitas fisik.


Faedah Olahraga untuk Lanjut usia

Jika Anda telah berumur lanjut dan sejauh ini belum terlatih beraktivitas fisik atau olahraga teratur, tidak ada kata telat untuk mengawalinya dari saat ini. Di bawah ini ialah bermacam faedah olahraga untuk lanjut usia:


Perkuat otot dan persendian

Memperlancar peredaran darah

Kurangi resiko berlangsungnya penyakit spesifik, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes type 2

Mempertahankan kesehatan dan peranan otak sekalian turunkan resiko masalah pada otak, seperti demensia

Kurangi depresi dan resiko masalah psikis, seperti stres

Tidak itu saja, seorang lanjut usia yang teratur olahraga bisa juga masih produktif dan hidup lebih berdikari.


Agen Sabung Ayam Terbesar Bermacam Opsi Olahraga untuk Lanjut usia

Beberapa lanjut usia dianjurkan untuk selalu aktif bergerak dan teratur olahraga minimal 150 menit per minggu atau minimum 30 menit sehari-harinya. Terdapat beberapa pilihan olahraga untuk beberapa lanjut usia, salah satunya:


1. Berjalan

Salah satunya rutinitas fisik paling simpel dan bagus untuk lanjut usia ialah jalan rileks. Rutinitas ini bisa menambahkan stamina, membakar kalori berlebihan, dan memperkuat jantung.


Supaya masih sehat dan bugar, beberapa lanjut usia tak perlu berjalan kelamaan atau jauh. Cukup hanya teratur berjalan di rumah atau seputar halaman. Tetapi, harus diingat jika sepanjang wabah COVID-19 ini, beberapa lanjut usia perlu mengaplikasikan prosedur kesehatan dan kenakan masker waktu akan berjalan di seputar rumah.


2. Naik sepeda

Naik sepeda bagus untuk tingkatkan kemampuan tulang dan persendian, dan mempertahankan kesehatan jantung. Tetapi, buat menahan berlangsungnya luka, pakai terus perlindungan waktu naik sepeda, seperti helm. Tidak itu saja, susunlah kembali lagi sadel dan pegangan sepeda sesuai bentuk badan.


3. Berdansa

Lakukan pergerakan dansa sekalian disertai musik atau lagu kesenangan pasti jadi rutinitas yang paling membahagiakan. Tidak itu saja, rupanya berdansa bagus untuk jaga kesehatan dan kesetimbangan badan.


4. Berenang

Berenang adalah salah satunya opsi olahraga yang terbaik untuk lanjut usia. Olahraga ini bisa tingkatkan kemampuan otot dan persendian, memperlancar saluran darah, dan bagus untuk kesehatan jantung, otak, dan paru-paru.


5. Pilates

Pilates adalah satu bentuk latihan fisik yang biasanya banyak dikerjakan oleh anak muda. Tetapi, sekarang ini, beberapa kelas pilates sediakan progam latihan spesial untuk beberapa lanjut usia.


Latihan fisik ini berguna untuk tingkatkan kesetimbangan badan, kemampuan otot, dan menambahkan energi dan stamina badan. Meskipun begitu, tidak seluruhnya lanjut usia dapat lakukan pilates. Oleh karenanya, tanyakan ke dokter lebih dulu bila pengin coba tipe olahraga ini.


6. Yoga

Yoga adalah tipe olahraga yang mempunyai tujuan untuk latih konsentrasi pemikiran dan pernafasan. Tidak cuman berguna untuk kesehatan fisik, yoga bagus untuk kesehatan psikis beberapa lanjut usia hingga bisa kurangi resiko depresi atau bahkan juga stres.


7. Tai chi

Tai chi adalah tipe olahraga yang dari Tiongkok. Sepintas, pergerakan tai chi nyaris sama dengan senam biasa, namun mempunyai irama yang lebih lamban. Olahraga ini bagus untuk tingkatkan kelenturan, kesetimbangan, dan kemampuan badan.


8. Latihan kesetimbangan

Masuk umur senja, badan umumnya akan alami pengurangan kesetimbangan hingga tingkatkan resiko luka. Latihan kesetimbangan bisa kurangi resiko jatuh waktu berjalan atau saat beraktivitas lain. Latihan ini bisa dikerjakan dengan berdiri di atas satu kaki atau berjalan jinjit.


Kecuali bermacam opsi olahraga untuk lanjut usia di atas, Anda juga dapat terus aktif bergerak dengan bermain bersama cucu atau bercocok tanam Tetapi, supaya masih aman, Sebaiknya anda ditemani oleh keluarga saat olahraga.


Disamping itu, Anda pun perlu lebih selective saat menentukan tipe olahraga yang sesuai kekuatan dan keadaan kesehatan. Ditambah, bila Anda menanggung derita permasalahan kesehatan spesifik, seperti penyakit jantung atau arthritis.


Oleh karenanya, bila Anda telah berumur lanjut dan mempunyai kisah penyakit spesifik, seharusnya tanyakan ke dokter lebih dulu buat tentukan tipe olahraga untuk lanjut usia yang aman dikerjakan.

Mga sikat na post sa blog na ito

Many fire departments have fire prevention divisions

Innocuous milk snakes are often mistaken for coral snakes whose venom is deadly to humans.

"The reduction of these 4 males is actually as notable and also relevant as the reduction of any person that has actually put on our countries attire.